Manajemen Perubahan
Manajemen Perubahan
Area ini berfokus pada upaya untuk mengubah secara sistematis dan konsisten mekanisme kerja, pola pikir (mindset), dan budaya kerja (culture set) individu pada unit kerja. Tujuannya adalah agar tercipta lingkungan kerja yang lebih baik, sesuai dengan tujuan pembangunan Zona Integritas. Ini termasuk komitmen pimpinan, pembentukan tim kerja, dan sosialisasi perubahan kepada seluruh pegawai.
Komitmen Pimpinan dan Agen Perubahan
Selengkapnya
Check Circle Penguatan motivasi dan peran Tim Pembangunan ZIWBK melalui beberapa forum rapat dan diskusi.
Check Circle Terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan ZIWBK, antara lain melalui kegiatan internal (forum rapat rutin, kombel pegawai) website, instagram, Facebook.
Check Circle Pimpinan menjadi role model, memberikan arahan, motivasi dan semangat bagi tim dan seluruh pegawai untuk mendukung terciptanya budaya kerja yang lebih baik dan pola pikir/mindset pembelajar sepanjang hayat.
Check Circle Melaksanakan platform kolaborasi “KONSENSUS” atau kesepakatan bersama sebagai upaya koordinasi dan sinergi kolaborasi dengan stakeholder/pemangku kepentingan (pemerintah daerah/dinas pendidikan) dalam mendukung implementasi program prioritas.
Check Circle Penguatan Pemahaman Kebijakan dan Program Prioritas serta berbagi informasi pengetahuan melalui Apel Senin Berpijar (Bersemangat Pagi Belajar).
Check Circle Penataan dan pembaruan fasilitas meja dan ruang kerja dengan mempertimbangkan prinsip 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), ergonomi untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman, efisien, dan mendukung peningkatan produktivitas pegawai serta kemudahan kolaborasi antar pegawai.
Penataan Tatalaksana
Penataan Tatalaksana
Penataan tata laksana bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, dan terukur. Ini mencakup penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) yang memadai, penerapan sistem e-office, dan peningkatan keterbukaan informasi publik.
Komitmen Pimpinan dan Agen Perubahan
Selengkapnya
Check Circle Administrasi rutin maupun program sudah semua berbasis IT.
Check Circle Aplikasi berbasis digital dan paperless telah digunakan seluruh pegawai, seperti SINDE, aplikasi kepegawaian dan aplikasi/dashboard Tim Kerja PDM.
Check Circle Mengoptimalkan peran media sosial dengan inisiasi produksi konten edukatif dan juga telah mengembangkan layanan informasi publik dalam bentuk Podcast untuk menguatkan layanan informasi publik terkait implementasi program prioritas Kemendikdasmen dan capaian kinerja lembaga kepada seluruh stakeholder dan ekosistem pendidikan.
Check Circle Peningkatan jumlah pengikut/follower, khususnya pada Instagram.
Check Circle Telah disusun SK PPID dan Maklumat Keterbukaan Informasi untuk mendukung layanan publik.
Penataan Sistem Manajemen SDM
Penataan Sistem Manajemen SDM
Area ini berupaya untuk meningkatkan profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur. Hal-hal yang termasuk dalam area ini adalah perencanaan kebutuhan pegawai yang sesuai, pola mutasi internal yang transparan, pengembangan pegawai berbasis kompetensi, penetapan kinerja individu, penegakan aturan disiplin/kode etik, dan pengembangan sistem informasi kepegawaian.
Komitmen Pimpinan dan Agen Perubahan
Selengkapnya
Check Circle Penguatan komitmen pegawai dalam meningkatkan kompetensi, wawasan pengetahuan dan keterampilan SDM/pegawai dilakukan melalui pelaksanaan komunitas belajar (Kombel Cerdas, Jumat Kelakar) baik dalam tim kerja maupun lintas tim kerja.
Check Circle Pimpinan, Ketua Tim Kerja dan PIC hadir memberi penguatan pada anggota tim untuk untuk mencapai kapasitas dan standar kinerja yang diharapkan pada pelaksanaan kombel.
Penguatan Akuntabilitas Kerja
Penguatan Akuntabilitas Kerja
Penguatan akuntabilitas kinerja merupakan perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan program dan kegiatan dalam mencapai misi dan tujuan organisasi. Ini melibatkan keterlibatan pimpinan dalam pengelolaan akuntabilitas kinerja dan penyusunan laporan kinerja yang transparan.
Komitmen Pimpinan dan Agen Perubahan
Selengkapnya
Check Circle Penyusunan perencanaan, penetapan dan pemantauan progress dan hasil capaian kinerja seluruh tim dilakukan secara terbuka melalui forum PATIN (Rapat Rutin) setiap hari Senin yang dihadiri secara langsung pimpinan, tim perencanaan dan tim kerja.
Check Circle Pada forum PATIN, masing-masing tim kerja (ketua tim kerja/PIC) wajib menyampaikan capaian hasil kinerja dan progress kerja program/kegiatan yang sedang dilakukan.
Check Circle Semua tim kerja dapat saling memberi masukan secara terbuka/tidak terbatas hanya pimpinan.
Check Circle Tim kerja PDM/bagian umum (Ketua Tim Kerja/PIC) melakukan penyusunan dan pengajuan desain rancangan kegiatan pada pimpinan untuk dibahas bersama dalam rangka optimalisasi tujuan dan target capaian kinerja.
Penguatan Pengawasan
Penguatan Pengawasan
Penguatan pengawasan bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN. Langkah-langkah yang dilakukan di area ini meliputi pengendalian gratifikasi, penerapan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP), pengelolaan pengaduan masyarakat, pengembangan sistem pelaporan pelanggaran (whistle-blowing system), dan penanganan benturan kepentingan.
Komitmen Pimpinan dan Agen Perubahan
Selengkapnya
Check Circle Penyusunan peta resiko telah dilakukan.
Check Circle Kampanye dan penguatan implementasi pengendalian gratifikasi terus dilakukan, seperti melalui mekanisme pencantuman tulisan bahwa “Pegawai BPMP Provinsi Sumatera Selatan tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun dalam melaksanakan tugas”.
Check Circle Standing banner pengendalian gratifikasi telah disebar di berbagai sarana ruang dan gedung BPMP Sumsel.
Check Circle Kampanye pengendalian gratifikasi telah memanfaatkan media sosial lembaga.
Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
Area ini berfokus pada upaya untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik secara berkala sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. Indikatornya meliputi standar pelayanan yang jelas, penerapan budaya pelayanan prima, dan penilaian kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.
Komitmen Pimpinan dan Agen Perubahan
Selengkapnya
Check Circle Standar Pelayanan Publik telah ditetapkan dan diinformasikan secara luas kepada publik.
Check Circle BPMP menjadi ‘hub’ atau tempat stakeholder dan ekosistem berkoordinasi/berkonsultasi berbagai implementasi program prioritas.
Check Circle Sudah ada survei yang dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan terhadap layanan, survei dilakukan secara berkala.